SUSUNAN KERANGKA DAN OTOT PADA MANUSIA

Jumlah tulang yang terdapat pada anak balita jelas berdeda dengan yang terdapat pada orang dewasa. ini di sebabkan bergabungnya beberapa tulang setelah dewasa dan akan tumbuh tulang. Kerangka manusia dapat kita bedakan dengan tengkorak kepala, tulang dinding dada, tulang belakang,panggul, dan anggota gerak lain nya. Tengkorak kepala membentuk suatu ruang tertutup yang berfungsi untuk melindungi otak, yang terdiri dari beberapa tulang, antara satu dengan yang lain nya merekat erat kecuali tulang rahang pada bagian bawah. Pada tengkorak kepala ini bertumpu dengan ruas teratas tulang belakang, tulang belakang sendri tediri dari 7 ruas tulang leher, 12 ruas tulang punggung pada bagian dada,5 ruas tulang punggung pada bagian perut,1 ruas besar tulang kedudukandan 3-5 ruas bagian tulang ekor.
SUSUNAN KERANGKA DAN OTOT PADA MANUSIA

Fungsi tulang ataralain untuk melindungi sumsum belakang dan dapat mempertegak tubuh.dinding pada dada terdiri dari satu pasang tulang selangka, 1 bagian tulang daada dan 12pasang tulang iga,7 pasang teraras dari iga ini berkaitan langsung ketulang dada, 3 pasang berikut nya berkaitan di bagian depan ke tulang iga diatasnya, dan dua pasang terahir tidak berkaitan ke depan. Fugnsi dari tulang dinding dada ini untuk mellindungi paru paru, jantung, dan sebagian alat yang berada pada rongga perut, dan kegunaan yang paling penting adalah untuk menjamin pernafasan dengan sangat baik. sebagai contoh bila mana kita bernafas, kita dapat merasakan adanya gerakan pada dinding dada bergerak keatas dan keaarah luar.
Tulang pinggul terdiri dari 23 pasang tulang, pada masing masing ke 3 sisi tulang saling berkaitan erat yang membentuk 1 tulang besar. Fungsi dari tulang panggul adalah untuk mellindungi alat alat yang terdapat pada rongga panggul dengan bersamaan dengan tulang kedudukan disertai tulang ekor yang berfungsi penting pada persalinan ada anggota gerak baian atas masing masing sisi ibentuk oleh tulang belikat, tulang pengumpil, tulang lengan atas, tulang hasta, 8 tulang pergelan tangan, 14 tulang jari, 5 tulang telepak. Fungsi dari tulang ini untuk menggerakan anggota gerak atas, pada anggota gerak bawah pada masing masing sisi di bentuk dengan tulang paha, tulang kering tulang tempurung lutut,tulang betis, 7 tulang pergelangan kaki, 5 tulang telapak kaki, dan 14 tulang jari.fugnsi dari tulang ini untuk menggerakan aggotan badan paling bawah dengan adanya otot otot yang menyertai kerangka tubuh adalah otot sadar yang artinya otot ini bergerak secara sadar( bila tidak ada perintah maka otot tersebut relati akan istirahat dantidak bergerak).adapun otot tak sadar di dalam tubuh manusia yang dimaksut dengan otot tak sadar adalahotot tersebut bergeerak dengan sendirinyatidak adanya pengaruh kesadaran dan kebutuhan yang kita inginan.

semoga bermanfaat...

0 comments:

Post a Comment

 
Top