Dari semua organ pencernaan dapat kita mulai dari bibir dan daerah rongga mulut, setelah dikunyah di rongga mulut di teruskan melalui kerongkongan yang pangkalnya tepat berada di satu tempat yaitu tenggorokan. Kemudian berjalan di depan ruang tulang belakang pada daerah dada, dan menembus sekat rongga badan dan seterus nya berahir pada lambung.
SISTEM PENCERNAAN PADA TUBUH MANUSIA

Bibir dan rongga mulut berfungsi sebagai pelumat makanan yang terasa lezat, akan tetapi masih dalam bentuk yang kasar, sistem kerjanya yang berfungsi dalampengunyahan adalah dengan adanya gigi gerigi dan adanya kelenjar yang ada pada rongga mulut. Kerongkongan sendiri hanya berfungsi untuk meneruskan makanan yang sudah terkunyah dan terlumat. Lambung merupakan kantong yang berdapa dibagian kiri atas rongga perut. Lambung pun mempunyai otot yang kuat dan di lambung makanan pun terlumat dengan bantuan cairan pencernaan, dan makanan hanya sanggup bertahan didalam lambung dari 3,5-6 jam. Setelah tugas lambung telah selesai makanan pun disalurkan dan di dorong masuk ke usus 12 jari. Dari dalam usus 12 jari ini makanan pun di salurkan menuju empedu dan kelenjar ludah perut, dengan adanya bantuan dari gerakan usus yang makin melumat makanan dan bentuknya pu sedemikian rupa sehingga mudah untuk diserap.

Sampai sini pun sistem pencernaan pada organ tubuh kita belum selesai dari usus 12 jari masuk kedalam usu halus yang kurang lebih panjang usus nya 6 meter, dikarnakan makanan yang telah dicerna dan di olah dengan demikian rupa sangat mudah untuk di serap sari dari makanan tersebut. Sedangkan sari makanan pundisalurkan ke hati melalui pembuludarah dan kelenjar getah bening, untuk melanjutkan proses selanjutnya sebagai bahan senyawa yang dibutuhkan oleh organ tubuh. Makanan yang terisa dari usus halus pun terus di salurkan ke usus besar dan pada akhinya di keluarkan melalui dubur. Pada daerah pangkal usus besar terdapat cacing yang namanya (umbai) yang kegunanan dan fungsinya sampai saat ini pun belum diketemukan. Sedangkan fungsi usus besar adalah untuk menyerap cairan/ sari makan yang masih tersisa saat diserap oleh usus halus.
Thanks..
Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

0 comments:

Post a Comment

 
Top